Waktu itu, sambutan dari Direksi RSUP Dr. Kariadi cukup baik, dan dilanjutkan dengan presentasi dari Sanitasi RSUP Dr. Kariadi, antara lain memaparkan visi-misi Sanitasi di RSUP Dr. Kariadi, struktur organisasi, pengelolaan limbah, dan kegiatan yg dilaksanakan.
Kurang lebih Sanitasi di RSUP. Dr. Kariadi, sbb :
Misi :
Diciptakan efektifitas dan kualitas optimal layanan sanitasi dengan melakukan perencanaan pelaksanaan, serta pengendalian sarana dan tenaga dalam rangka menunjang peningkatan kualitas layanan di RSUP. Dr. Kariadi Semarang.
Visi :
Mewujudkan RS bersahabat dengan lingkungan.
Kegiatan yg dilaksanakan :
- Pengolahan air limbah.
- Pengolahan sampah (medis dan non medis)
- Pemberantasan serangga dan binatang pengganggu ; lalat, kecoa, nyamuk, rayap, kucing, tikus.
- Pengawasan kualitas lingkungan fisik ; cleaning service, suhu, kelembaban, kebisingan, pencahayaan.
- Laboratorium Kesehatan Lingkungan ; pemeriksaan air limbah, pemeriksaan air bersih, kualitas udara.
Fungsi Sanitasi di RSUP. Dr. Kariadi :
- Mengawasi dan memperbaiki lingkungan, sehingga mencegah terjadi pencemaran di RS.
- Malakukan pengendalian terhadap kontaminasi, serangga dan binatang pengganggu di lingkungan RS.
- Mengawasi dan melaksanakan pengolahan limbah secara baik dan benar.
- Membantu menciptakan keadaan lingkungan yg nyaman, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan.
- Melaksanakan dan menegakkan peraturan perundang-undangan di bidang sanitasi dan lingkungan.
Tenaga Sanitasi di RSUP. Dr. Kariadi sebanyak 13 orang, terdiri dari 2 orang Sarjana Kesehatan Masyarakat, 8 orang APK, 2 orang SPPH dan 1 orang STM.
Itulah kurang lebih yg saya ingat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar